Sahabat Yang Bisa Diandalkan


Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena [Yonatan] mengasihi dia seperti dirinya sendiri. Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya 1 Samuel 18 : 3-4

YONATAN PUNYA BANYAK ALASAN untuk waspada terhadap Daud. Yonatan adalah anak Saul, calon pewaris tahta. Dia akan menjadi raja Israel, dengan segala kehormatan, kekayaan, dan kekuasaan dari posisi unggul tersebut. Tetapi Yonatan adalah, yang pertama dan terutama, seorang teman, bukan seorang pangeran. Dedikasinya kepada Daud melampaui keinginan untuk masa depannya sendiri.

                Komitmen Yonatan kepada temannya menginspirasikannya untuk mengikat sebuah perjanjian, sebuah ikrar. Untuk mengkonfirmasi perjanjian tersebut, Yonatan memberikan Daud jubah kerajaannya. Itu sangat berarti, tetapi tidak hanya itu saja. Dia memberikan Daud baju perangnya, termasuk pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya. Tindakan yang sangat murah hati ini menandakan bahwa Yonatan mengakui bahwa Daud akan mengambil tempatnya di tahta sesudah Saul meninggal.

                Persahabatan kita sering kali hanya berdasarkan pada kepentingan bersama: kamu menggaruk punggung saya, dan saya menggaruk punggungmu. Ketika persahabatan mengancam hilangnya milik pribadi, persahabatan akan hancur. Tetapi Yonatan adalah contoh sebuah persahabatan yang dikategorikan sebagai tipe yang berbeda, dimana kedua pihak berdedikasi untuk kebaikan pihak lain, berapapun harga yang harus dibayar. Persahabatan seperti ini jarang, dan mengubah kehidupan kedua pihak. Mereka yang mengalami persahabatan seperti ini memberitahu kita bahwa teman mereka membuat semua perbedaan dalam masa depan mereka, seringkali karena teman tersebut tetap setia pada masa-masa tergelap dan tersulit dalam hidup mereka. Itu adalah tolak ukur persahabatan sejati, persahabatan yang melibatkan kasih sejati, pengorbanan dan waktu.

Apakah Anda pernah mengalami sebuah persahabatan seperti ini?
Seperti apa kelihatannya jika Anda adalah teman yang seperti ini?
“Apapun Anda, teman-teman Andalah yang menghiasi dunia Anda.”  - William James

Sabtu, 27 Oktober 2012
The one year Daily Insights
With
ZIG ZIGLAR

“Friends make each other feel good.” – Lily Pad, HIMYM
“Friends build each other up and support them,
 that’s what being a good friend is about.” – Barney Stinson, HIMYM
“Friendship makes me never be alone.” – David Mario, Bapuks
“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu,
dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” – Mazmur 17 : 17




F : ield of LOVE
R : oot of JOY
I : sland of GOD
E : nd of sorrow
N : ame of HOPE
D : oor of UNDERSTANDING

No comments:

Post a Comment