Semua ada waktunya

 “ Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya “
Pengkhotbah 3 : 1

Flashback untuk 4 tahun yang lalu (2008), saat aku baru pertama kali menginjakkan kaki ku di PMK IT Telkom bertemu dan dikumpulkan dalam satu kelompok kecil dengan 1 PKK (Pemimpin Kelompok Kecil) dan 3 AKK (Anggota Kelompok Kecil) termasuk aku. Sebulan berjalan dengan mengikuti rangkaian kegiatan PMK yang ada seperti PD (Persekutuan Doa) kamis, jumatan dan PIPA bab 1-3 akhirnya kami tiba di satu camp rohani yang lebih dikenal dengan nama Bible Camp (BC).

Bible Camp di zaman ku dulu berlangsung 3 hari 2 malam, bertempat di wisma Alloysius, Ciwide. Saat itu aku mengikuti rangkaian BC dengan perasaan sangat “asing” (menurutku awalnya) dengan 6 sesi dan kegiatan outbond lainnya. Setelah mengakhiri pesta rohani itu aku baru merasakan sesuatu yang sangat asing di awal bagiku menjadi sangat “menenangkan jiwaku” kemudian. Di malam ke 2 pesta rohani itu, ada kemenangan roh yang ku dapat, sesaat aku tersadar seketika kalau aku sudah ada dalam dekap pelukan kakak PA ku saat  itu :’)

Bercerita sedikit tentang kehidupan kelompok kecilku, kami bukan tipe kelompok kecil yang sering jalan bareng keluar (hangout), kami lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk ngumpul-ngumpul di kosan, ber-PA, belajar bareng (maklum kakak PA ku cukup terkenal dengan kejeniusannya yang di atas rata-rata; re : minta diajarin hehe), share of life (curhat colongan) dan perayaan ulang tahun. Tak terasa 2 tahun berlalu begitu singkat, saat aku sudah menginjak tahun ke 2 ku di kampus dan kakak PA ku sudah berada hampir di garis akhir masa perkuliahannya. Dan sudah waktunya tongkat pemuridan yang ada di tangan kakak PA ku harus berpindah posisi ke tangan kami.

Saat aku dan saudara PA ku berkata “IYA” untuk tongkat itu Tuhan mempercayakan ku 2 orang AKK (Sonia dan Nana). Saat itu aku merasakan fase yang dulu kakak PA ku jalani, menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah apalagi menjadi pemimpin rohani karena aku harus bisa memimpin diriku dulu sebelum aku bisa memimpin orang lain. Kembali kami merayakan pesta rohani yang dulu aku rayakan 2 tahun silam, di tempat yang sama, tapi dengan orang yang berbeda dan peran yang berbeda tentunya. 2008 silam aku sebagai AKK dan 2010 itu aku sebagai PKK. Pundak yang dulu ku pakai untuk menangis di dalam pelukan kakak PA ku di malam itu, saat BC 2010 ku pinjamkan untuk dekapan hangat tangisan 2 AKK ku.

Dan 2 tahun berjalan setelah itu, sekarang ini 2 AKK ku pun merasakan fase yang dulu ku jalani, yaitu sebagai PKK. Dan besok hari dimana mereka kembali akan merayakan pesta rohani yang dulu pernah kami rayakan, tetapi kali ini tanpa aku melainkan bersama AKK mereka masing-masing.
2008 : aku menangis di pelukan kakak PA ku
2010 : aku memeluk 2 AKK ku dalam pelukanku
2012 : mereka akan memeluk AKK mereka masing-masing
Sungguh, semuanya ada waktunya. Dan aku berharap setiap  orang nantinya bisa merasakan fase dipimpin dan memimpin dalam kelompok ini. Berharap semoga kelompok kecilku bisa terus BERTUMBUH dan BERBUAH di dalam TUHAN lewat PMK IT Telkom.

Whatsapp ku dengan Nana
Nana  : Sabtu udah BC. Jadi inget dulu bareng kakak, jadi mau nangis akunya
Aku     : Hihihi, dulu nangis kenapa ya? :’P
Nana  : Ga tau, hehe. Kangen moment itu ka, sayang banget kita jarang ketemu pas masih kuliah gara2 kesibukan masing2. Baru terasa kangen pas kakak udah ga di Bandung
Aku      : Huhuhu, jadi pengen ikut nangis
Nana  : Giliran aku sering di PMK, sekarang kakaknya ga kelihatan di PMK lagi.
Aku   : Iya, ga apa2 dek yang penting komunikasi jalan terus bisa tetap mendoakan dan mendukung walaupun jarak jauh.
Nana  : Mantep kak. Tapi kadang2 suka ngiri kalau ngeliat teman2 yang kakak PA nya masih ada, haha padahal mah harusnya bersyukur yak kakak udah lulus :’D

******

Special Thank to YOU, who give me family in God.
(Risny Raranti, Veranita Tarigan, Grace Damba, Karina Priscilia, Sonia Helena Ladasi)
Kelompok Kecil aku sebagai AKK (BC 2008)

Kelompok Kecil aku sebagai PKK (BC 2010)


No comments:

Post a Comment